Blog TigaWarna Catering

Informasi dan Ulasan menarik seputar pernikahan
tips sebelum bulan madu
09
Nov

11 Tips Sebelum Bulan Madu yang Harus di Persiapkan

Setelah melangsungkan pernikahan, momen selanjutnya yang dinantikan adalah bulan madu dengan pasangan. Namun, Anda juga harus mengetahui bahwa untuk berbulan madu harus dilakukan persiapan  agar tidak keteteran nantinya.

Seperti persiapan fisik, apakah tubuh masih perlu beristirahat setelah menjalani prosesi pernikahan yang begitu panjang, atau masih adakah budget yang tersisa atau sudah disisihkan sebelumnya.

Jika sebelumnya penulis telah membahas mengenai 5 Tempat Bulan Madu Romantis di Bawah 1 Juta (Indonesia), maka pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi beberapa tips persiapan bulan madu bersama pasangan.

Berikut tips-tipsnya :

1. Istirahat Setelah Acara Pernikahan

Bulan madu atau honeymoon memanglah sebuah momen yang paling dinantikan, tapi, bukan berarti harus disegerakan. Tubuh Anda tentunya memerlukan istirahat setelah menjalani acara atau pesta pernikahan yang melelahkan.

Sekalipun Anda merasa bahagia sehingga lelah tidak dirasa, tapi ingatlah bahwa sekuat apapun kondisi tubuh kita, istirahat tetaplah diperlukan dan Anda juga harus memikirkan kondisi pasangan Anda. Jadi, alangkah baiknya rehat beberapa saat setelah selesai acara pernikahan, hingga stamina Anda terkumpul kembali.

Sembari rehat, Anda bisa mencari referensi mengenai tujuan dan tempat untuk berbulan madu bersama pasangan Anda melalui Internet, seperti yang sedang Anda lakukan pada saat ini.

2. Menentukan Konsep

Konsep bulan madu apakah yang Anda inginkan? Pilihan umum pengantin baru adalah memilih konsep yang menawarkan suasana romantis. Sebenarnya masih ada opsi lainnya, yaitu, petualangan bersama pasangan. Lebih keren lagi jika mengombinasikan keduanya, romantisme dan petualangan, wah pasti seru!

Tentu saja dengan kombinasi kedua konsep tadi, akan memberikan kenangan yang tak terlupakan dan sangat menantang. Namun, tentu juga biaya yang dikeluarkan akan lebih ekstra.  

Dikutip dari Kompas.com, Menurut Dewi Shinta, salah seorang tour coordinator menyebutkan bahwa pasangan yang suka traveling, petualangan, dan tak bisa hanya berdiam di kamar atau hotel, mereka mencari paket bulan madu yang cenderung adventure.

3. Sesuaikan dengan Budget

Setelah Anda menentukan konsep bulan madu dengan pasangan, berikutnya sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Misalnya, jika budget Anda terbatas mungkin bisa mencari tempat bulan madu yang tidak terlalu jauh dari lokasi Anda. Untuk penyesuaian budget ini akan berkaitan dengan tujuan dan tempat bulan madu, akan dibahas di bawah.

4. Menentukan Tujuan dan Tempat

Memilih tempat bulan madu yang tidak jauh dari lokasi tempat tinggal, selain karena terbatasnya budget, alasan lain mungkin bisa juga karena Anda tidak ingin terlalu lelah dalam perjalanan menuju tempat bulan madu.

Ketika akan menentukan tujuan dan tempat untuk bulan madu, Anda bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai tempat-tempat yang diinginkan, penulis juga pernah memberi referensi 5 Tempat Bulan Madu Romantis di Bawah 1 Juta (Indonesia). Dengan demikian Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

Jika Anda memilih konsep bulan madu adventure, Belitung, Pulau Komodo, Raja Ampta, adalah sejumlah destimasi yang bisa dipilih untuk menghabiskan waktu bersama pasangan dengan backpacking.

5. Membeli Tiket Perjalanan Sejak Jauh Hari

Ini juga persiapan yang penting dan harus disiapkan sejak jauh-jauh hari bagi Anda yang ingin berbulan madu, baik destinasi lokal maupun internasional. Misalnya, bulan madu di Bali, membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan akan mendapatkan keuntungan lebih. Karena seperti yang kita ketahui, Bali merupakan salah satu destinasi populer, membeli tiket jauh sebelum tanggal keberangkatan, harga yang ditawarkan biasanya lebih murah.

6. Jangan Lupa Mengurus Visa

Apabila Anda mempunyai destinasi bulan madu bersama pasangan di luar negeri, maka pastikan untuk menghitung waktu pengurusan sedini mungkin. Jangan lupa juga untuk mengecek kembali masa berlaku Visa Anda, karena jika sudah hangus, maka dibutuhkan waktu lebih untuk mengurusnya.

7. Catat dan Simpan Nomor Penting

Hal penting berikutnya adalah mencatat dan menyimpan nomor penting di momen bulan madu Anda. Kontak hotel, maskapai, dan tourguide adalah keharusan dan jangan sampai lupa.

8. Lihat Kondisi Cuaca

Walau tidak begitu penting, tapi sebaiknya jangan dianggap sepele. Anda tentu tidak ingin bulan madu nanti menjadi terbatas karena kondisi cuaca yang sedang tidak mendukung. Maka, rencanakan waktu bulan madu berdasarkan perkiraan cuaca dan musim lokasi tujuan Anda. Dengan begitu, setidaknya Anda sudah berusaha untuk menyamakan situasi dan kondisi yang terbaik untuk bulan madu.

9. Fotokopi Semua Data Pengenal Anda

Demi keberlangsungan selama perjalanan, penulis menyarankan untuk memfotokopi semua data pengenal Anda, seperti, KTP, SIM, dan Paspor.

10. Uang Tunai

Selain uang yang ada di rekening Anda, setidaknya Anda juga harus mempunyai uang dalam bentuk tunai. Cari tahu tempat menukar uang pecahan sebelum berangkat. Jika destinasi Anda ke luar negeri, maka jangan lupa untuk memperhitungkan kurs antar uang negara yang akan Anda kunjungi. Tidak disarankan untuk menyimpan uang hanya di satu tempat tertentu. Jadi jika terjadi sesuatu, Anda masih memiliki uang cadangan.

UPDATE: 09 November 2020

11. Pastikan Dalam Kondisi Prima

Kita semua mengetahui bahwa saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Banyak agenda yang sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari, mau tidak mau harus mengatur ulang kembali jadwalnya, mungkin juga termasuk planning bulan madu. Akan tetapi, ketika artikel ini diperbaharui. pemerintah sudah mulai menetapkan masa transisi PSBB dengan aturan yang lebih longgar dari sebelumnya.

Mulai dari diperbolehkannya mengadakan acara resepsi pernikahan, hingga banyak tempat wisata dan hotel yang sudah mulai beroperasi kembali. Artinya untuk berbulan madu keluar kota atau berkunjung ke tempat wisata sudah diperbolehkan, namun tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, pergi bulan madu dengan kondisi tubuh yang prima menjadi langkah terbaik. Pastikan juga Anda sudah beristirahat dengan cukup setelah melaksanakan acara resepsi pernikahan.

Itulah 11 tips yang bisa Anda lakukan sebelum bulan madu bersama pasangan. Untuk info saja, jika Anda mempunyai rencana menikah tapi budget terbatas, penulis rekomendasikan menggunakan jasa wedding organizer dari Tiga Warna Catering. All in One, semua terima beres, Anda tidak perlu pusing memikirkan booking gedung, prasmanan, busana, make up, MC, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut hubungi CS Tiga Warna Catering di nomor WhtasApp 0813 8006 6008. Semoga bermanfaat.

Foto : tripzilla.id

Leave a Reply

Open chat
1
Hubungi via WhatsApp
Halo, ada yang bisa kami bantu :) ?
Powered by